Berita

    5 Penyebab Mobil Mogok & Cara Mengatasinya

    Sangat merepotkan sekali jika mobil tiba-tiba mogok. Hal ini dapat menyita waktu dan tenaga Anda dan menunggu aktivitas keseharian. Untuk menghindari mobil mogok, sebaiknya merawat mobil dan servis secara rutin di bengkel.

    Jika tiba-tiba mobil Anda mogok di tengah perjalanan, tak perlu panik! Ada berbagai alasan mobil bisa mogok meskipun telah rutin melakukan servis.

    Inilah Penyebab Mobil Mogok!

    Untuk tahu cara memperbaiki mobil yang mogok, tentunya Anda harus tahu lebih dahulu asal muasal kerusakan. Berikut ini beberapa penyebab mobil mogok:

    • Aki Mobil

    Selain karena kehabisan bensin, penyebab utama mobil tiba-tiba mogok adalah aki mobil yang bermasalah. Pasalnya, aki mobil ini memiliki peran yang penting sebagai sumber energi agar mesin mobil dapat menyala. Untuk itu, sebaiknya gunakan aki mobil yang berkualitas dan tahan lama.

    • Dinamo Starter

    Apabila kondisi aki mobil normal, penyebab mobil bisa mogok biasanya karena dinamo starter yang bermasalah. Permasalahan ini sering terjadi pada mobil matic. Kerusakan dinamo starter ini terjadi akibat usianya yang tua dan kelalaian pengemudi mobil.

    • Alternator 

    Alternator memiliki peran yang penting untuk menyalurkan energi listrik ke aki. Jadi, jika bagian alternator ini bermasalah, maka mobil bisa mogok. 

    Kondisi alternator yang rusak atau putus bisa disebabkan karena modifikasi mobil atau kondisi komponen yang sudah tua.

    • Overheat

    Mesin mobil yang terlalu panas atau overheat juga bisa menyebabkan mobil tiba-tiba mogok. Sebab, mobil yang mengalami overheat ini disebabkan air dalam karburator cepat habis.

    Overheat ini terjadi biasanya karena kondisi komponen mesin mobil yang rusak serta akibat kelalaian pengemudi mobil.

    • Karburator

    Penyebab mobil gampang mogok terakhir adalah karburator mobil yang bermasalah. Karburator memiliki peran penting untuk mengalirkan bahan bakar. Dan jika karburator bermasalah, maka secara otomatis bisa menyebabkan mesin mobil mati.

    Begini Cara Mengatasi Mobil Mogok

    Setelah mengetahui penyebab mobil Anda mogok, sebaiknya ketahui juga cara-cara menangani berbagai kerusakan tersebut.

    • Periksa Aki Mobil

    Langkah pertama mengatasi mobil yang mogok adalah memeriksa kondisi aki mobil. Periksa bagian kabel aki dan juga volume aki. Sebab kabel aki yang putus dan air aki yang kurang dapat menyebab mobil mogok.