Berita

    Berbagai Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

    Tentu saja, Anda ingin memastikan kendaraan yang terparkir di depan rumah atau tempat parkir umum seaman mungkin dan terhindar dari pencuri. Mengingat, saat ini kasus pencurian mobil begitu tinggi. Namun, ada begitu banyak jenis alarm mobil di pasaran, tentu akan menyulitkan dalam memilih. 

    Nah, agar tidak salah pilih dan berakibat alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, ada baiknya Anda mengetahui jenis alarm utama yang sudah tersedia dari pabrik. Pasalnya, memiliki pemahaman dasar tentang berbagai jenis alarm akan memudahkan dalam menentukan opsi mana yang terbaik untuk mobil kesayangan dan melindunginya dari pencurian.

    Ketahui Jenis-jenis Alarm Mobil

    1. Audible Alarm Systems

    Audible Alarm Systems adalah alarm utama yang sudah terpasang di mobil, baik beli baru atau bekas. Cara kerjanya cukup sederhana. Ketika seseorang mencoba masuk ke dalam mobil, alarm akan berbunyi keras, dan terkadang, lampu juga akan mulai berkedip. 

    Namun, ada kelemahan juga ketika menggunakannya, yang mana orang-orang cenderung mengabaikan sewaktu mendengarnya. Hal ini terjadi karena kebanyakan orang telah melihat begitu banyak alarm palsu selama bertahun-tahun sehingga begitu abai terhadap suaranya. 

            2. Silent Alarm Systems

    Seperti namanya, silent alarm systems adalah jenis alarm mobil yang tidak menimbulkan suara apa pun yang akan didengar pencuri. Namun, pemilik akan diberitahu tentang pembobolan tersebut. Sehingga Anda akan bisa langsung bergerak untuk menggagalkan aksi pencuri. 

            3. Active vs Passive Alarms

    Ada dua jenis utama metode aktivasi alarm mobil. Pasif dan aktif. Alarm pasif akan secara otomatis menyala setelah kunci kontak dimatikan dan pintu terakhir ditutup. Sedangkan alarm aktif mengharuskan pengguna untuk menekan tombol pemancar untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sistem.

    Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

    Ada kalanya, alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Di antaranya: 

    1. Valet Mode On

    Ada kalanya, Anda menggunakan jasa valet untuk memarkirkan mobil. Saat itulah, mode valet akan diaktifkan. Jika tidak dimatikan mode senyapnya, alarm mobil tidak akan berbunyi sewaktu dikunci. Lampu indikator juga akan mati.

            2. Baterai Central Lock Habis

    Semakin sering mobil digunakan, akan cepat habis pula baterai yang ada pada central lock. Ini sudah menjadi penyebab umum ketika alarm tidak berbunyi meskipun alarm sudah dalam kondisi pasif. Untuk itu, rutinlah mengecek kondisi baterai central lock.