Berita

    Harus Tahu, Ini Dia Komponen Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil

    Mesin mobil terdiri dari berbagai komponen yang bekerja secara bersamaan. Komponen-komponen yang bekerja tersebut harus dijaga dalam suhu yang stabil untuk memastikan kinerja mesin berfungsi dengan maksimal.

    Untuk memastikan suhu mesin tetap terjaga dan tidak terlalu panas maka seluruh mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendinginan atau biasa disebut dengan cooling system. Sistem ini berfungsi untuk memastikan suhu dan temperatur mesin dalam kondisi optimal sehingga tidak menghasilkan panas berlebih.

    Sedikitnya ada 12 komponen cooling system dalam satu mobil yang semuanya berkolaborasi untuk memastikan suhu mesin mobil tetap stabil. Dan berikut adalah komponen-komponen dari cooling system yang memiliki tugasnya masing-masing.

    • Radiator

    Radiator adalah salah satu komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk mendinginkan air pendingin mesin yang sudah digunakan. Fungsi ini dilakukan dengan membuang panas melalui kisi-kisi radiator.

    Air yang telah digunakan tersebut kemudian didinginkan kembali oleh radiator dan dibuang lewat kisi-kisi yang ada di radiator. Proses pendinginan air yang menjadi panas akibat digunakan untuk mendinginkan mesin bermula dari upper tank.

    Upper tank sendiri memiliki fungsi untuk menampung air panas sisa pendinginan mesin, kemudian air panas tersebut akan turun melalui pipa-pipa kecil yang lokasinya di tengah kisi-kisi. Pipa tersebut memiliki fungsi membantu proses pendinginan air. Setelah itu air akan kembali ditampung pada lower tank. Air tersebut nantinya akan kembali diputar untuk mendinginkan mesin.

    • Thermostat

    Thermostat adalah komponen yang bekerja secara otomatis ketika terjadi perubahan suhu pada air pendingin mesin. Ada dua jenis thermostat, yaitu thermostat dengan katup by pass dan tanpa katup bypass.

    Komponen ini akan mengatur sirkulasi air pendingin dari mesin ke radiator dan sebaliknya. Semuanya tergantung dari perubahan suhu di dalam mesin. Pasalnya, thermostat hanya akan berfungsi bila suhu air pendingin mesin mencapai kisaran 80 derajat Celcius.

    • Water Pipe

    Water pipe merupakan saluran air yang berada di luar mesin. Bentuknya seperti pipa dan terbuat dari logam. Fungsi dari water pipe adalah mengalirkan air pendingin dari mesin menuju thermostat, radiator, kemudian bypass hose. Umumnya, komponen ini dipasang pada water pump.

    • Tali kipas atau belt

    Komponen selanjutnya adalah tali kipas atau belt yang menghubungkan antara pulley radiator dengan pulley mesin. Umumnya komponen ini terbuat dari bahan karet sehingga elastis namun tetap kuat. Komponen ini berfungsi untuk menggerakkan pulley kipas radiator yang terhubung dengan pulley crankshaft sehingga pulley kipas radiator bisa berputar mengikuti irama putaran mesin.

    • Water pump