Berita

    Jangan Abai! Tanda-Tanda Wiper Mobil Harus Segera Diganti

    Meskipun sering diabaikan ternyata wiper mobil punya fungsi penting yang berkaitan dengan keselamatan pengendara. Ketika berkendara saat hujan Anda pasti kesulitan melihat kondisi jalan di depan. 

    Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan menyalakan wiper untuk menyeka embun dan air hujan. Coba bayangkan jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik? Tentu bisa membahayakan keselamatan Anda saat berkendara di musim hujan. 

    Tanda-Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

    Wiper punya fungsi penting bagi keselamatan pengendara, sehingga harus segera diganti ketika sudah tidak berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana cara mengetahui tanda-tanda kerusakan pada wiper? Berikut penjelasannya!

    • Mulai Bergerak Lambat

    Jika wiper mulai bergerak lambat sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Karena keefektifannya dalam membersihkan kaca mobil mulai berkurang. 

    Wiper yang bergerak lambat biasanya terjadi karena adanya penumpukan kotoran di bagian sistem penggerak. Kondisi ini dapat berdampak pada arus listrik sehingga tidak bisa menyeka air dan dengan lancar. 

    • Bagian Rangkanya Rusak

    Jika bagian rangka wiper retak atau bengkok itu artinya Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Bagian rangka yang rusak membuat kinerjanya berkurang drastis. 

    • Bagian Karetnya Sudah Usang

    Karet wiper yang sudah usang biasanya muncul retakan, sehingga tidak bisa membersihkan kaca mobil dengan baik. Bahkan bisa menimbulkan goresan atau lecet di permukaan kaca. 

    Pexels
    • Banyak Bintik Air yang Tersisa

    Ketika wiper mobil tidak mampu membersihkan air hujan secara maksimal tentu akan mengganggu pandangan pengendara. Jika tidak segera diganti Anda akan kesulitan berkendara di musim hujan dan berisiko menimbulkan kecelakaan. 

    • Menyisakan Garis Air pada Kaca Mobil

    Anda perlu mengganti wiper dengan yang baru jika muncul garis air di permukaan kaca mobil. Jika tidak segera diganti, maka jarak pandang akan terganggu dan Anda pasti kesulitan melajukan mobil saat berkendara di cuaca hujan, terutama kala malam.