Berita

    Kenali Apa Itu Torsi Dalam Mobil & Cara Kerjanya

    Bagi orang awam, istilah torsi mungkin terdengar asing. Namun dalam dunia otomotif, terlebih pada mobil, torsi erat hubungannya dengan performa mesin. Informasi mengenai besaran torsi dalam mobil kerap ditemukan di media-media yang menjelaskan spesifikasi dari mobil tersebut.

    Memiliki peran untuk mengatur perputaran mesin mobil, tahukah Anda apa arti torsi sebenarnya? Artikel ini akan membahas tentang torsi agar Anda bisa memahaminya sebagai pengendara mobil. 

    Pokok-pokok pembahasan dari artikel ini, antara lain berkaitan dengan konsep torsi hingga cara kerja torsi. Berikut lebih lengkapnya:

    Berkenalan dengan Konsep Torsi dalam Mobil

    Torsi pada mobil dapat diartikan sebagai gaya dorong yang dihasilkan oleh sebuah mesin. Sering kali disamakan dengan tenaga, nyatanya torsi dan tenaga ini merupakan dua hal yang berbeda. Apabila tenaga berkaitan dengan kecepatan mobil, maka torsi memiliki fokus sistem pada akselerasi mobil.

    Meskipun merupakan dua hal yang berbeda, namun perlu diketahui bahwa torsi dan tenaga berhubungan antara satu dengan lainnya. 

    Contoh nyata hubungan dari keduanya yaitu pada saat mobil yang Anda kendarai ingin meningkatkan akselerasi. Maka peran tenaga yang dibutuhkan untuk mencapai akselerasi yang tinggi semakin besar.

    Dalam kata lain, konsep dari torsi mobil, yaitu torsi yang dilakukan oleh perputaran mesin akan berkaitan dengan tenaga pada mobil yang dihasilkan. Semakin cepat putaran dari mesin, tenaga pada mobil juga akan terus bertambah dan semakin meningkat. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

    Agar lebih memahami konsep torsi dan tidak lagi keliru lagi, berikut terdapat beberapa perbedaan antara torsi dan tenaga.

    • Beda Rumus Perhitungan

    Beda konsep berarti beda rumus perhitungan. Untuk menghitung atau mencari torsi, rumus yang digunakan yaitu perkalian dari unsur gaya dan jarak. Sementara untuk mengetahui tenaga mobil, Anda dapat melakukan perhitungan dengan rumus kali antara besaran torsi dengan rpm.

    • Beda Besarannya

    Besaran dari masing-masing torsi dan tenaga pada setiap mobil akan berbeda. Kedua besaran dari torsi dan tenaga ini bisa kamu sesuaikan dengan jenis mobil apa yang kamu miliki. Besaran torsi dan tenaga antara mobil balap dan mobil komersial akan berbeda.

    • Beda Hasilnya

    Nilai atau hasil dari torsi bisa berubah dengan menggunakan bantuan alat dengan nama Girboks. Apabila Anda menginginkan mobil yang memiliki torsi tinggi, maka Anda bisa menggunakan pengaruh dari alat tersebut. Sementara untuk hasil dari tenaga torsi tidak dapat dimanipulasi.

    Fungsi dan Cara Kerja Torsi Mobil