Berita

    Kenali Cara Merawat Ban Serep pada Mobil.

    Ban serep mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki. Biasanya, ban serep ditempatkan di dalam atau belakang bagian mobil. Fungsi ban ini sendiri yakni sebagai cadangan, khususnya saat ban mengalami kempes dan kerusakan saat berkendara.

    Walaupun penggunaan ban serep hanya dalam waktu tertentu atau darurat, hal ini bukan berarti tidak ada perawatan khusus bagi komponen penggerak tersebut. Sebagai pengguna mobil, alangkah baiknya itu mengetahui cara melakukan perawatan agar ban serep menjadi lebih awet! 

    Cara Merawat Ban Serep Mobil

    Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin pada ban serep Anda, setidaknya tiga bulan sekali. Karena barang yang dianggurkan tetap bisa mengalami potensi kerusakan. Selain itu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban cadangan mobil? Berikut langkahnya!

    • Memeriksa Tekanan Angin Ban

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika hendak merawat ban adalah melakukan pemeriksaan tekanan angin dengan rutin. 

    Anda bisa memakai alat khusus pengukur tekanan angin ban. Apabila tekanan anginnya kurang, maka sebaiknya segera ditambahkan. Tanda-tanda kekurangan tekanan angin adalah timbul lekukan pada dinding ban mobil.

    • Pastikan Dalam Keadaan Prima

    Akan lebih baik bagi ban serep mobil selalu dalam kondisi yang prima dan siap pakai. Sebab, Anda tidak akan dapat memprediksi waktu yang tepat, kapan bagi Anda harus memakai ban tersebut. 

    Namun, jika ban mobil yang saat ini sedang Anda gunakan ternyata telah mempunyai banyak tambalan, saatnya bagi ban cadangan untuk berperan menggantikan.

    • Tidak Perlu Pakai Ban Serep Terlalu Lama

    Perlu Anda sadari bahwa ban serep ini dipakainya hanya sementara saja. Jika mobil Anda harus ganti ban di tengah perjalanan, maka pakailah ban serep Anda. Namun, ketika sudah menemukan bengkel terdekat sebaiknya langsung memproses pergantian ban. 

    Maka demikian, tidak heran jika banyak pemilik mobil yang menyediakan ban serem dengan kualitas yang tidak perlu bagus, harganya juga relatif lebih murah. 

    Akan tetapi, bukan berarti Anda langsung membeli yang spesifikasinya tidak sesuai kebutuhan mobil Anda. Hal itu bisa saja menjadi risiko baru bagi Anda.

    • Membungkus Ban Serep Mobil

    Pasti Anda sudah familiar dengan cara penyimpanan ban serep di mobil. Anda tentu biasa menjumpainya pada bagian belakang mobil.