Berita

    Ketahui Etika dalam Menggunakan Klakson di Jalan Raya

    Klakson menjadi salah satu alat komunikasi pengguna kendaraan yang berada di jalan raya. Sayangnya, klakson juga sering digunakan sebagai media untuk meluapkan emosi. Padahal terdapat etika menggunakan klakson yang harus dipatuhi. 

    Ketika membunyikan klakson dengan emosi, kita bukannya tertib di jalan raya, tetapi justru menyinggung serta mengganggu pengguna jalan yang lain. Bahkan, terdapat pengguna jalan yang membunyikan klakson hingga akhirnya membuat orang lain kesal. 

    Umumnya, kejadian seperti ini disebabkan karena klakson dibunyikan dengan asal-asalan serta tidak taat pada peraturan. Contohnya, ketika terjadi kemacetan lampu merah, pengendara lain membunyikan klakson secara terus menerus, hal ini bisa membuat jengkel pengguna lainnya. 

    Etika Menggunakan Klakson

    Klakson tidak boleh dibunyikan secara sembarangan, lebih-lebih hingga mengganggu konsentrasi pengendara lain. Terdapat sejumlah kondisi dalam etika menggunakan klakson yang memungkinkan pengendara membunyikannya, antara lain:

            1. Ketika Ingin Mengingatkan Pengendara Lain

    Klakson bisa digunakan untuk mengingatkan pengendara lain yang ingin mengambil posisi membahayakan. Klakson dibunyikan untuk memberikan isyarat keberadaan Anda di posisi tersebut. 

    Contohnya saja ketika berada di pertigaan kecil yang tidak disertai dengan lampu merah, terkadang pengendara ingin menyebrang. Bila pengendara tersebut terlihat tidak teliti, Anda bisa membunyikan klakson. 

            2. Menggunakan Klakson di Titik Buta

    Saat memasuki titik buta, atau lokasi yang memiliki jarak pandang terbatas, usahakan membunyikan klakson. Titik buta ini bisa berada di tikungan tajam ketika pandangan terhalang objek benda lain. 

            3. Mengingatkan Para Pejalan Kaki

    Anda dapat mengingatkan pejalan kaki ketika mereka berada dalam kondisi berbahaya. Contohnya ketika mereka tidak berada di zebra cross dan hamper menyerempet. 

    Bila pejalan kaki menghalangi maupun berjalan terlalu dekat dengan kendaraan Anda, Anda dapat membunyikan nada klakson dengan singkat serta sekali pencet, sehingga tidak mengagetkannya. 

    Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membunyikan Klakson

    Selain memperhatikan etika menggunakan klakson di atas, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Contohnya, ketika ingin berkomunikasi menggunakan klakson atau ingin memberikan isyarat menggunakan klakson, Anda cukup menekan klakson satu atau dua kali.