Berita

    Tips Cerdas Merawat Vanbelt Mobil

    Dalam perawatan mobil, bukan hanya mesin yang harus dicek, tetapi juga komponen lainnya. Salah satu komponen yang penting untuk dirawat dan dicek secara rutin adalah vanbelt mobil atau biasa disebut v-belt. 

    Vanbelt ini terletak di bagian depan mesin dan bertugas untuk menghubungkan beberapa komponen lainnya, seperti water pump, alternator, atau kompresor.  

    Biasanya, V-belt terbuat dari bahan campuran antara karet khusus dan serat nylon. Namun, ada pula beberapa jenis v-belt yang dilapisi kampas antislip. 

    Ketika vanbelt mulai bermasalah, beberapa komponen yang terhubung pun akan ikut terkena dampaknya. Sebelum itu terjadi, mari simak beberapa tips untuk merawat vanbelt mobil. 

            1. Ketahui di Mana V-belt Berada

    Lokasi yang tepat dari v-belt dapat bervariasi tergantung pada tipe mobilnya. Untuk sebagian besar mobil, sabuk akan ditempatkan di bagian depan mesin. Saat memeriksa sabuk, selalu pastikan mobil dimatikan dan didinginkan.

            2. Lakukan Pemeriksaan secara Rutin 

    Setiap kali melakukan penggantian oli atau memeriksakan mesin kendaraan ke bengkel, lakukan pula pemeriksaan pada bagian v-belt. 

    Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui lebih awal jika ada keausan pada komponennya. Sehingga, Anda bisa mencegah kerusakan yang lebih parah yang nantinya bisa mengakibatkan kecelakaan. 

            3. Lakukan Pengecekan Visual pada V-belt Mesin untuk Mengetahui Kondisinya 

    Dalam pemeriksaan visual, Anda akan dapat mengetahui apakah v-belt tersebut masih layak pakai atau sudah mulai aus. Jika dalam pemeriksaan tersebut, Anda menemukan adanya retak atau v-belt sudah mulai menipis, sebaiknya segera ganti agar performa mesin kembali membaik. 

            4. Pastikan Sabuk Sejajar pada Puli dengan Benar 

    Anda harus selalu memastikan jika sabuk dalam kondisi sejajar dengan puli. Jika sabuk terlepas dari puli, mobil Anda mungkin tidak berjalan dengan baik atau komponen penting yang berhubungan dengan v-belt dapat kehilangan tenaga.

            5. Periksa Tensioner Vanbelt Mobil

    Tensioner mengatur jumlah tegangan yang ditempatkan pada sabuk untuk memastikannya tetap berada di puli. Jika tegangannya kendur, sabuk dapat terlepas dari katrol dan menyebabkan komponen yang ditenagai oleh sabuk kehilangan daya.