Berita

    Tips Merawat Electric Power Steering Agar Tidak Bermasalah

    Mobil terbaru rata-rata sudah menggunakan Electric Power Steering (EPS). EPS atau power steering elektrik mengandalkan bantuan tenaga dari motor listrik untuk meringankan beban pada tangan pengemudi, supaya lebih mudah dan nyaman ketika memutar kemudi.

    Perawatan Electric Power Steering tidak serumit power steering hidraulis karena sebagian besar komponennya memakai sistem elektrik dan dikontrol oleh komputer dalam sebuah modul. Dan kendala yang terjadi lebih gampang terdeteksi melalui indikator di panel instrumen mobil. EPS berisiko mengalami gangguan bila pengguna mobil kurang apik ketika mengemudi. Berikut adalah Tips Merawat Electric Power Steering:

            1. Perhatikan Karet Rack Steer

    Pastikan karet rack steer (rumah setir) tidak robek karena merupakan pintu masuk kotoran dan air. Kalau kondisinya sudah ada retakan, sebaiknya dilakukan penggantian. Jika dibiarkan, dapat membuat rumah kemudi cepat rusak akibat air, debu dan kotoran masuk ke rumah setir dan mengakibatkan poros kemudi berkarat. Indikasi as rumah setir sudah kotor atau berkarat adalah ada suara ketika kemudi diputar, selain itu Electric Power Steering terasa lebih berat ketika diputar.

            2. Jangan Menembus Jalanan Berlubang dengan Kecepatan

    Apapun jenis power steering mobil milik Anda, menerjang jalan rusak pada kecepatan tinggi tidak diizinkan karena bisa merusak banyak komponen, di antaranya adalah poros dan boot rack steer yang berada di kolong mobil dan berhubungan dengan mekanisme Electric Power Steering.

            3. Hindari Melewati Jalanan Banjir

    Pada beberapa model kendaraan, motor listrik Electric Power Steering berada di kolom setir bagian bawah. Jika air merendam, motor listrik bisa rusak dan harus diganti. Ada juga model lain yang meletakkan motor listrik EPS di bagian dalam kabin sehingga relatif aman ketika melewati genangan air. Anda bisa memastikan posisi motor listrik EPS di buku manual kendaraan atau bertanya kepada service advisor bengkel terdekat.

            4. Merawat Modul Electric Power Steering

    Modul Electric Power Steering merupakan pengolah data dari sensor sudut putaran setir untuk memerintahkan sistem EPS. Komponen ini jarang mengalami masalah karena posisi modul umumnya terdapat di bagian dalam dasbor. Tapi jika rusak, maka setir mobil tidak akan berfungsi sama sekali.