Berita

    Simak Cara Merawat Pengunci Kap Mesin Mobil

    Setiap komponen mobil memang perlu dirawat dengan baik. Salah satunya adalah bagian kap mobil yang seringkali lupa dirawat, apalagi bagian penguncinya. Merawat pengunci kap mesin mobil dengan baik dan benar akan mempermudah Anda saat harus membuka kap mesin jadi jangan disepelekan. 

    Merawat Pengunci Kap Mesin Mobil

    Sesuai dengan namanya, bagian ini digunakan untuk mengunci kap mesin pada mobil Anda. Pengunci kap mesin ini harus dirawat dengan baik agar bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Berikut adalah beberapa tips merawat pengunci kap mesin yang dapat Anda terapkan demi kenyamanan saat menggunakan mobil:

    • Bersihkan secara Rutin

    Langkah pertama sekaligus paling mudah untuk dilakukan adalah membersihkan bagian pengunci kap. Komponen ini bisa saja macet dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik karena ada banyak tumpukan debu dan kotoran. Jadi sangat disarankan untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu. 

    Tidak dibutuhkan cara khusus untuk membersihkan bagian pengunci kap mesin ini. Anda bisa menggunakan larutan air sabun untuk membantu membasmi debu dan kotoran yang menumpuk. Gunakan juga sikat untuk mempermudah proses pembersihan. 

    Kapan pembersihan dilakukan? Disarankan untuk membersihkan bagian pengunci kap mesin mobil ini paling tidak 1 minggu sekali. Jika tidak ada debu atau kotoran yang menempel maka pengunci kap bisa terbuka dan menutup secara mudah. 

    • Gunakan Anti Karat

    Cara merawat pengunci kap mesin mobil berikutnya adalah berikan anti karat. Area pengunci kap ini mudah sekali berkarat sehingga harus dilakukan tindakan pencegahan yang tepat. Gunakan cairan anti karat untuk membantu mencegah munculnya karat pada pengunci kap mesin mobil Anda. 

    Sebelum mengaplikasikan anti karat, pastikan pengunci sudah dibersihkan dulu dari debu dan kotoran. Setelah itu langsung saja semprot cairan tersebut ke bagian-bagian yang tepat. Penyemprotan anti karat hanya perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali. 

    Pilihlah produk anti karat yang bagus dan terbukti ampuh. Hindari anti karat abal-abal yang tidak bisa mencegah munculnya karat secara optimal. Anda bisa lihat dulu spesifikasi produk dan komposisinya untuk menilai efektivitas yang diberikan. 

    • Berikan Pelumas

    Anda juga disarankan untuk menggunakan pelumas atau grease atau gemuk. Ini menjadi poin penting karena biasanya pengunci akan seret dan sulit dibuka jika tidak ada cukup pelumas. Jadi, berikan saja gemuk ke dalam bagian pengunci kap mesin.